abu ahmadein gua langkop_1

Gua Langkop; Meditasi Bung Karno

skripINSAN–Goa Langkop yang berada di Kampung Tapos, RT04/06, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor, menjadi obyek kunjungan pada hari Sabtu, 25 Agustus 2012.Mengapa ini menjadi agenda safar? Menurut informasi yang diterima, bahwa Bung Karno sering menjadikan Langkop ini sebagai tempat meditas. Nah, dari sini juga, akhirnya saya bertandang ke sana, dengan ditemani sahabat.

Dan tidak jauh dari kota Bogor, perjalanan melewati Tajur Halang. Kemudian belok ke kanan, dengan melewati obyek wisata Gajah Putih. Perjalanan cukup menarik, karena di kiri-kanan jalan pemandangan sangat eksotik. Hamdulillah, tiba di tujuan, hanya kita berdua, juru pemelihara pun tidak ada di rumahnya. Akhirnya, saya langsung naik ke gua Langkop yang sekarang telah menjadi situs yang dijaga oleh undang-undang.

Dari dekat gua Langkop terdapat juga pemakaman tua. Namun, pemakaman ini tidak menjadi obyek utama dalam perjalanan saya kali ini. Ketika masuk ke gua yang hanya berukuran panjang 1.50 M, saya mendapatkan bekas orang yang telah datang sebelumnya, dan ketika dikonfirmasi dari sumber yang ada, memang telah ada malamnya tamu dari luar kota, sengaja ziarah ke tempat tersebut.

Jadi, dalam benak pikiran saya, sudah banyak orang yang mengetahui tempat gua, serta menjadikan berbagai tujua. Alangkah bermanfaatnya, para leluhur kita meninggalkan jejaknya, sehingga bisa dinikmati napak tilas mereka oleh keturunan yang ada sekarang.

Mengapa Bung Karno pun, yang pada waktu itu telah menjadi Presiden RI I sering mengunjungi gua ini? Setelah dicari informasinya, bahwa Bung Karno kalau menyelesaikan berbagai persoalan besar yang berhubungan kenegaraan dan kebangsaan selalu mencari “inspirasi” dari tempat ini. Dengan kesunyian dan energi positif yang menyebar di gua, akhirnya Bung Karno bisa menemukan solusi atas problematika yang menggelayuti bangsa saat itu. Melalui meditas didapatkan sebuah ketenangan yang dapat menghantarkan penemuan inspirasi imaginer. Luar biasa memang manfaat dari meditas.

Lokasi ini, saya yakin bisa Anda kunjungi juga, serta dapat memberikan ide bagi sebuah pembentukan solusi atas dinamikan kehidupan yang sedikit banyak memerlukan energi dahsyat untuk mencairkan kebekuan hidup. (abu@hmadein)

Leave a Reply

